Gorontalo Indie Community News Portal

visit our web page @ www.gorontaloindie.com

Struggle Continues

Gorontalo Indie

UNDERGROUNDTHALLO Adalah UNDERGROUND

By: Bayu The Pluck

Seperti kata diatas Undergroundthallo adalah Underground dan Underground adalah Undergroundthallo, seperti bahasan antara dualisme yang berbeda yang tidak pernah dapat titik temu ketika kita membahas ini, yeah sama halnya dua pemikiran yang berbeda dan sangat susah untuk bisa dijadikan satu.

Kita mulai dari sini…Undergroundthallo suatu kata yang mirip seperti Underground atau suatu plesetan untuk Underground mungkin..?? saya rasa tidak, Ini adalah scene dan memperkenalkan scene kita dengan mensisipkan nama Daerah kita dibelakangnya dan tentunya kita adalah Underground sama seperti Komunitas Underground lainnya.

Seperti pergerakan Underground yang selama ini saya baca di banyak artikel2 Underground dimana pergerakan Underground diindonesia dimulai sejak 90an hingga sekarang dimana banyak orang mengenal Jakarta, Bandung, Malang, Jogja,Bali, Surabaya, Medan dan kota besar lainnya merupakan basist Underground dinegara ini.

Dan kita tidak meragukan hal itu lagi.

Weelll..bagaimana dengan Underground yang ada di daerah2 yang tidak disebutkan diatas?? Dan seperti apa Pergerakan mereka di waktu itu?? Apakah mereka sebesar Jakarta dan Bandung atw kota2 besar lainnya?? Hmmm…terlalu panjang untuk menceritakan setiap daerah yang ada diindonesia ini, sama halnya kita membahas pulau-pulau yanag ada di negeri ini, dan kasus Korupsi yang ada di negeri ini dan saya pun kurang Informasi soal pergerakan Underground yang didaerah selain kota2 yang tidak disebutkan diatas. 😀

Gorontalo awalnya dimulai dari sini, dimana banyak orang belum terlalu mengenal soal daerah ini, dan minimnya soal Informasi soal wilayah banyak orang hanya tau kalo ini daerah yang ada disulawesi saja…hmmm….!!

Underground Seperti pergerakan awal di Indonesia ditahun 90an daerah ini juga memiliki pergerakan Underground yang sama tapi sedikit lebih Muda di pertengahan 90an antara 96-97 dimana saya mengenal beberapa Band yang cukup saya dengar dari teman2 yang sudah lama berkecimpung diwaktu itu.

Ditahun 1996 ke 1997 dimana era Kejayaan musik Underground Masuk di daerah ini ketika zaman itu Era Puppen untuk Hardcore Berjaya discene Underground Indonesia disini juga kita Mempunyai Harakiri yang biasa Mengcover Lagu Puppen pada awal 97 juga bisa exist di daerah kita sendiri, ditahun yang sama pula kita mempunyai beberapa Band yang memiiki Genre berbeda seperti Aligator yang disaat itu masih bisa merasakan Kejayaan Grunge, Sweet Childrenz yang biasa Mengcover Green Day yang menjadi sebuah band Panutan band Punk Rock, Melodic sekarang. Close Head cikal bakal band Hardcore Punk diakhir 90an seperti diwaktu itu kita sudah mempunyai nama band yang sama seperti band yang ada dibandung, dan terhitung masih banyak lagi soal discography Scene Ini.

Seperti Hilang dan tengelam seperti itulah Band2 panutan kita diatas hilang dari secne ini dan tergantikan oleh band2 sekarang, dan begitu pula teman2 Band Kita yang ada diwaktu itu hanya sedikit mereka yang aktif discene Kita sekarang..apakah dengan alasan pekerjaan atau keluarga…?? But Underground Make u’r still Young…seperti sekarang Nelen (Aligator) sekarang telah membuat Not Perfect Story dan tetap dijalur idelisme band terdahulunya Yaitu Grunge, Richie (Sweet Childrenz) terakhir mangung ditahun 2004 dan kini Not Perfect Story, Icank (Close Head Drumer) dan sekarang masih tetap Dijalur Hardcore (Polahi Drumer), Into (Closehead) sekarang di Why Not, Jefri A.K.A Ijep (Close Head Vocal) dan kemaren sempat membuat Froontman Crooz Maker, Jolly Walrus Criminal Club dan telah menyelesaikan studi diluarnya yang kini menantikan anak pertmanya. Dan masih banyak lagi cerita soal Scene ini…hmmm…begitu banyak teman2 kita yang telah membuat Scene ini masih ada untuk tetap ada dan Resistance..

Seperti awal diBandung yang mempunyai sebuah GOR yang bersejarah diwaktu itu yaitu GOR Saparua disini juga kita Mempunyai GOR Gelanggang Remaja dimana di tempat inilah menjadi tempat Event Underground Pertama dibuat di scene ini..dan menjadi cikal bakal Tempat Rutin Event Underground di era awal tahun 2000 dan disinilah melahirkan cikal bakal band-band Underground yang ada hingga sekarang.

Tercatat ada abeberapa band yang lahir dalam setiap Gigs ditempat ini, Iteneps (Punk Rock), The Pluck (Melodic), Badman Bandila (Punkcore), Rumput Fatima (Punk Rock) dari sinilah nama Undergroundthallo menjadi cikal bakal untuk bisa bersahabat ditelinga teman2 hingga sekarang.

Seperti halnya dibandung yang memiliki Ripple Magazine sebuah Majalah yang bergerak secara Indie Diwaktu itu hingga sekarang, di Gorontalopun di tahun 2000 memiliki Outsider Magazine sebuah majalah Indie yang Pure bergerak secara Indie dan walau Hanya bisa bertahan hanya dalam beberapa Tahun….tapi kita bisa merasakan euforia Indie hingga sekarang dan menjadi cikal Bakal Pergerakan Indie Di daerah ini Hingga sekarang.

Kekuatan dunia Internet dan Banyaknya band Indie sekarang yang bisa diakses secara Online dan terbukanya band2 Indie dimedia (Radio,Majalah,Tv, dan Zine) dan kekuatan dari Merchandise Band membuat Band-band Indie semakin dikagumi oleh anak muda zaman sekarang, dan mulai bisa di terima dikalagan awam sekalipun dan menjadi pangsa tersendiri oleh penikmatnya dan itupun mempunyai efek kedaerah ini tentunya, dari yang dulunya musiknya kurang diterima menjadi bisa diterima…dan menjadi dua sisi antara si Band dan si Penikmat..dari sinilah menjadi Jalur dari Band didaerah ini lebih kreatif lagi dan menjadi nilai plus dimana Media2 Radio Lokal, Media Cetak Lokal, dan TV Lokal hampir setiap Minggunya Memuat Band Indie lewat Koran, Menginterview Lewat radio dan memperkenalkan lagu Si Band Indie Lokal untuk menjadi kebutuhan yang saling menguntungkan antara Band dan Pemilik Media dan tidak lupa pula semakin banyaknya distro-distro local yang dikhususkan menjual T-shirt band Lokal atau Luar semakin membuat Merchandise Band-band Lokal sangat dibutuhkan.

Dari sinilah daerah ini yang dulunya tidak dikenal menjadi cukup dikenal oleh masyarakat yang ada dinegeri ini, yang ketika dulu jarang diekspos oleh Tv Nasional, kini bisa diperkenalkan oleh Program Tv Nasinal Oleh wisata alamnya, atau bisa Masuk Infotainment karena ada salah satu artis yang berwisata disini..atau mungkin karena daerah ini bisa meraih prestasi masuk tiga besar Pemilihan Putri Tercantik dinegeri ini…well…dari semua itu kita sangat bangga karena kita bisa dikenal.

Scene kita yang dulunya tidak dikenal oleh siapa2 bisa menjadi lebih dikenal oleh nalar kreatifitas anak2 muda local indie dengan memperkenalkan www.gorontaloindie.com yang bisa dikenal bukan hanya di negeri ini, tapi bisa dikenal oleh orang-orang yang ada dinegara lain.

Secara langsung Kita bangga dengan daerah kita dan kita juga bangga dengan Indonesia…kita senang dengan kemajuan Teknologi yang Positif, Dan kita juga senang dengan orang-orang yang berpkirian Positif….We Always still Proud Underground scene, and Indie Music Scene!!